Sabtu, 17 November 2012

Antara Pantai Utara dan Pantai Timur Surabaya

Surabaya mempunyai dua sisi pantai yaitu sebelah utara yang telah dibangun pelabuhan tanjung perak, jembatan Suramadu hingga Kenjeran. Sedangkan pantai sisi timur yang meliputi wilayah Keputih, Wonorejo, Medokan hingga Gunung Anyar merupakan daerah konservasi yang kekeh dipertahankan oleh Pemkot Surabaya sebagai lahan penghijauan. Meskipun banyak pengembang yang meminang daerah ini, izin tetap tidak dimunculkan. Pernah juga beredar berita di masyarakat sekitar bahwa PT Pembangunan Jaya Ancol akan membangun wahana wisata di wilayah ini, namun hingga kini kabar tersebut tidak pernah menjadi kenyataan. Hingga akhirnya investor besar tersebut membidik pantai timur Sidoarjo.

Pantai utara Surabaya memang dibuka untuk para investor sebagai area bisnis dan pariwisata. Pantai Ria Kenjeran sempat dibuka untuk dikembangkan oleh para investor seperti Universal Studio atau Trans Studio. Namun akhirnya tender ini dimenangkan oleh Universal Studio. Surabaya akan semakin ramai jika wahana rekreasi berkelas internasional ini berhasil dibangun. Peningkatan kepadatan lalu lintas yang ditimbulkan akan diimbangi dengan pembangunan jalan bebas hambatan lingkar luar timur OERR (Outer East Ring Road) yang tembus ke tol Juanda dan lingkar luar barat yang memudahkan akses ke Tanjung Perak dan wilayah barat Surabaya.

Pantai utara Surabaya akan menjadi daerah yang ramai dan jauh dari kesan kumuh, sedangkan lahan di dekat pantai timur Surabaya  akan mempunyai daya tarik yang berbeda.  Daerah konservasi tentu menjanjikan lingkungan yang sejuk. Apalagi daerah ini jauh dari pengembangan perindustrian yang berada di sebagian wilayah Surabaya Barat dan Selatan. Namun sebagian besar daerah di luar jalur OERR telah menjadi lahan hijau yang tidak diizinkan dibangun. Beruntung jika kita mendapatkan properti di daerah ini yang telah berIMB. Jika memilih daerah ini sebagai hunian, perlu dipertimbangkan bagaimana kondisi ketika air laut pasang apakah airnya menjangkau hunian kita. Jika ya, tentu ketahanan bangunan akan lebih teruji jika terkena air asin yang meresap. Tanaman pun sulit tumbuh subur kecuali beberapa vegetasi yang memang tahan tumbuh di daerah ini seperti bakau, kelapa dan palem.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar